UNIKAMA – Upaya untuk meningkatkan kualitas lulusan terus dilakukan oleh Program Pascasarjana (PPS) Strata 2 (S2) Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama). Salah satunya dengan mengajak Dosen beserta mahasiswa untuk kunjungan atau yang disebut visiting study ke tiga Universitas di Malaysia. Yakni, Universitas Kebangsaan Malaysia (UKM), Universitas Utara Malaysia (UUM), dan Universiti Tun Abdul Razak (UNIRAZAK).

“Untuk mahasiswa kami melakukan Sit-in Program, setiap mahasiswa masuk kedalam kelas-kelas dan mengikuti perkuliahan bersama mahasiswa Internasional disana. Jadi, mahasiswa akan memiliki wawasan baru bagaimana proses belajar mengajar yang ada di Luar Negeri. Secara otomatis akan menambah wawasan keilmuan mereka setelah pulang dari Malaysia,” ungkap Rusfandi, MA., Ph.D selaku Wakil Direktur Bidang Akademik PPS.

Sedangkan untuk Dosen, PPS melakukan serangkaian kerjasama dan pengelolaan sistem akademik Pascasarjana yang ada disana.

“Seperti contoh kemarin, kita menginisiasi program seperti visiting lecturer. Jadi, kami berusaha mengupayakan kerjasama dengan mereka untuk melakukan pertukaran Dosen. Dosen Unikama bisa mengajar disana, dan Dosen dari Universitas Luar Negeri bisa memberikan ilmunya kepada mahasiswa kami,” jelasnya.

Tidak hanya visiting lecturer, kunjungan yang dilakukan Dosen PPS Unikama ini juga bertujuan menjalin kerjasama dalam hal penulisan jurnal ilmiah.

Pria berkacamata ini, juga menerangkan bahwa kegiatan yang dilakukan selama lima hari ini (07-12/10) juga membicarakan perihal Research Collaboration yang didiskusikan saat mengunjungi masing-masing Universitas di Malaysia.

“Kami membicarakan tema penelitian yang bisa kami lakukan bersama dengan mereka dan sekarang kami berusaha untuk menindaklanjutinya dalam waktu dekat. Selanjutnya kita bekerjasama mengenai Keynote Speaker, kadang kala kami mendapat kesulitan untuk mendapatkan Keynote Speaker setara Internasional. Jadi, dengan kerja sama ini diharapkan akan sangat mudah sekali,” tambahnya.

 

Program Pascasarjana Unikama Ajak Mahasiswanya Visiting Study ke Tiga Universitas di Malaysia
WhatsApp chat