PASCASARJANA S2 PRODI PENDIDIKAN IPS UNIVERSITAS KANJURUHAN MALANG ADAKAN SEMINAR DAN LOKAKARYA

Program pascasarjana S2 Prodi Pendidikan IPS Universitas Kanjuruhan Malang mengadakan seminar dan lokakarya dengan tema “Peningkatan Kompetensi Diri Dalam Pembelajaraan IPS” pada hari Sabtu 8 April 2017 bertempat di ruang auditorium gedung multicultural I lantai 3. Kegiatan tersebut mengundang Dra. Widarwati, M.S.Ed., M.Pd sebagai narasumber dari PPPPTK Pkn dan IPS. Sementara itu peserta seminar berjumlah 75 yang terdiri dari dosen dan mahasiswa Program pasca sarjana S2 Prodi Pendidikan IPS Universitas Kanjuruhan Malang.

Seminar dan lokakarya ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). IPS merupakan salah satu mata pelajaran yang diberikan pada SMP/MTs/SMPLB. IPS mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep, dan generalisasi yang berkaitan dengan isu sosial.

Narasumber memaparkan bahwa mata pelajaran IPS dirancang untuk mengembangkan pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan analisis terhadap kondisi sosial masyarakat dalam memasuki kehidupan bermasyarakat yang dinamis untuk menghadapi era global dimana peserta didik akan menghadapi tantangan berat. Selain itu Dra. Widarwati, M.S.Ed., M.Pd juga menjelaskan bahwa kehidupan masyarakat global selalu mengalami perubahan setiap saat sehingga melalui pelajaran IPS, peserta didik diarahkan untuk lebih peka terhadap kondisi lingkungan sekitar. Memahami posisi dan perannya di lingkungan masyarakat yang beragam, sehingga diharapkan dapat menumbuhkan rasa toleran terhadap perbedaan yang ada.

Profil

PIPS UNIKAMA STUDI BANDING KE PPS UNY
PIPS UNIKAMA STUDI BANDING KE PPS UNY

UNIKAMA memiliki Program Pascasarjana (S-2) Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dengan mendapat ijin penyelenggaraan dari  Dirjen Dikti Depdiknas RI berdasarkan surat No.: 3995/D/T/2001, tanggal 28 Desember 2001.

  • Terakreditasi “B” (dengan nilai mendekati nilai Akreditasi “A”). berdasarkan SK BAN-PT Nomor: 012/SK/BAN-PT/Ak-X/M/I/2013, tanggal 10 Januari 2013 (berlaku s.d. tahun 2018).
  • Dosen memiliki kualifikasi akademik 33,3% bergelar Professor dan 66,7% bergelar Doktor.
  • Pengembangan Kurikulum PT disusun berdasarkan KKNI sesuai level